Scroll untuk melanjutkan membaca
Kolesterol Tinggi, Apakah Telur Meningkatkan Kolesterol?

Kolesterol Tinggi, Apakah Telur Meningkatkan Kolesterol?

Kolesterol Tinggi, Apakah Telur Meningkatkan Kolesterol?

Kolesterol Tinggi, Apakah Telur Meningkatkan Kolesterol?

Pertanyaan apakah dan sejauh mana makanan yang mengandung kolesterol seperti telur mempengaruhi kadar kolesterol darah adalah topik perdebatan terus-menerus di antara para ilmuwan dan dokter. Baru-baru ini, kolesterol dalam telur dianggap tidak berbahaya bagi kesehatan.


Tetapi sebuah studi observasional Amerika dari Maret 2019 sampai pada kesimpulan bahwa orang yang makan banyak telur memiliki risiko lebih tinggi meninggal akibat serangan jantung atau stroke. Dengan lebih sedikit kolesterol dari makanan, di sisi lain, risikonya menurun.


Tetapi para ilmuwan meragukan bahwa hasilnya secara umum dapat ditransfer ke negara lain.


Studi Kolesterol: Apa yang Dipelajari Para Peneliti

Studi saat ini mengamati 29.615 orang dari enam studi jangka panjang Amerika yang datanya dikumpulkan antara 1985 dan 2016. Subyek tes diikuti selama rata-rata 17,5 tahun. Kebiasaan makan mereka, terutama asupan kolesterol harian mereka, dan penyakit yang terjadi selama masa penelitian dicatat. Sebanyak 5.400 kejadian kardiovaskular (serangan jantung, stroke) terjadi. 6.132 peserta meninggal.


Kritik studi kolesterol

Para ilmuwan memperingatkan terhadap interpretasi yang tidak kritis dari hasil penelitian. Mereka menunjukkan bahwa dalam studi observasional, hanya aspek tertentu - dalam hal ini konsumsi telur - yang dianggap dan dianggap bertanggung jawab sebagai penyebab suatu peristiwa, misalnya terjadinya serangan jantung.


Baca juga Artikel Menarik Lainnya: Herbal Asthma Medicine Using Garlic

Masalahnya adalah bahwa semua aspek lain yang juga dapat mempengaruhi peristiwa tersebut tetap tidak diperhatikan. Misalnya, dalam kasus studi kolesterol, bagaimana subjek tes menyiapkan telur tidak diperhitungkan.alert-info


Di AS, telur sering digoreng dan juga dimakan dengan bacon goreng. Ini mengandung banyak asam lemak jenuh, yang meningkatkan kolesterol serum secara signifikan lebih dari kolesterol murni dari makanan.


Yang membantu dengan kadar kolesterol tinggi

Peningkatan kadar kolesterol terkadang dapat diturunkan dengan perubahan gaya hidup, olahraga, dan penurunan berat badan. Dengan bantuan perubahan pola makan dan menghindari lemak hewani, kadar kolesterol dalam darah dapat dikurangi 10 hingga 15 persen dalam banyak kasus. Jika langkah-langkah tidak cukup, kadar lipid darah dapat dikurangi dengan obat-obatan.


Bagaimana diet dapat mempengaruhi kadar kolesterol

Makanan dengan proporsi asam lemak jenuh yang tinggi, seperti daging berlemak, sosis dan bacon, dan makanan yang disebut asam lemak trans, yang ditemukan dalam keripik, keripik, dan puff pastry, misalnya, dapat meningkatkan kadar kolesterol.


Makanan dengan proporsi asam lemak tak jenuh yang tinggi, misalnya dalam kacang-kacangan, alpukat dan minyak nabati, dapat menurunkan kadar kolesterol. Sebuah studi oleh University of Munich telah menunjukkan bahwa konsumsi harian segenggam kenari (43 gram) per hari, yang terdiri dari hampir 50 persen asam lemak tak jenuh ganda, dapat menurunkan kolesterol LDL dalam darah hingga lima persen.alert-warning

Kacang-kacangan dan gandum juga dapat menurunkan kadar kolesterol, Konsumsi telur dalam jumlah sedang biasanya tidak berbahaya.